Cara mengganti Favicon (Favorit Icon)

Favicon, Apa itu Favicon? Favicon adalah..... Favorit Icon (Hya... itu baru arti singkatan), Apa itu Favicon? Cara merubahnya? Cara membuatnya? Tempat membuatnya? Dimana di produksinya? Kapan kadaluwarsanya? (Eh... Bukan makanan ya..)

Gilank akan menjelaskan dengan metode "Step By Step", Gilank tau cara ini dari Chanief, Salah satu Lochus Crew juga. Tapi kita harus tahu dulu apa itu Favicon.

Favicon
Pertama kita harus tahu apa itu Favicon atau Favorit Icon, Favicon adalah... Mungkin bisa dibilang logo suatu page, Gilank sendiri pun bingung ini disebut apa selain "Favicon".
Contohnya:
Yang di tunjukan oleh lingkaran merah pada gambar disamping, itulah Favicon, terlihat seperti logo sebuah page bukan?
Page-page penyedia Favicon ada banyak, Tapi yang populer di Lochus adalah Icon-J, Di situlah salah satu "pabrik" Favicon.
Kalau bosan favicon blognya hanya tulisan huruf B oranye atau W biru, ini Step By Step-nya!

Step 1
Siapkan dulu gambarnya,gambarnya bebas berukuran berapapun, tapi jangan meniru, kalau bisa buat sendiri, misalnya buatnya di power-point atau di paint, extensi file dianjurkan .bmp

Step 2
Kalau gambarnya sudah siap sekarang buka browser, klik adress, ketik http://iconj.com

Step 3
Lihat kolom "Free Favicon Hosting", Tekan "Choose file", kemudian akan muncul window/jendela dan pilih gambar yang ingin dijadikan Favicon lalu klik "Ok"

Step 4
Pilih tingkat ketajaman/Sharpen

Step 5
Tekan "Upload Now"
Step 6
Kamu akan berada di page baru, abaikan kolom "Direct Download" langsung ke-"Host It At Icon J.Com (Direct Link)"

Step 7
Copy text di textbox yang dibawah "Host It At Icon J.Com (Direct Link)"

Step 8
Buka tab baru, ketik http://blogger.com

Step 9
Kamu berada di page Dasbor, Pilih blognya dan klik Tata Letak

Step 10
Klik Lagi Edit Html

Step 11
Cari tulisan head yang diapit oleh<>, Kalau kesusahan mencarinya tekan Ctrl+F, ketik head yang diapit oleh <> (Maaf, Saya tidak bisa menulisnya kebentuk sempurna karena dikira termasuk suatu HMTL code oleh Blogger)

Step 12
Ganti 1 baris tulisan dibawah head yang diapit <> dengan tulisan textbox direct link tadi, jika tidak, maka beberapa browser seperti Google Chrome akan memperlihatkan bahwa favicon itu masih blogger

Step 13
Cek apakah berhasil, kalau tidak berhasil, lakukan lagi ulang secara perlahan dari step 7, Dan direkomendasikan untuk membuat back up file dengan mencopy seluruh Edit Html ke Note Pad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar